Senin, 19 Oktober 2015

Komunikasi

Contoh Kasus : Pada Suatu Organisasi akan membuat satu acara penting mengenai ulang tahun organisasi tersebut, sehingga dibentuk kelompok panitia untuk mengurus acara tersebut agar berjalan dengan lancar. Seiring berjalannya waktu, terdapat banyak konflik dalam panitia acara tersebut. Mulai dari perbedaan pendapat, saling iri antar anggota, dan akhirnya mereka saling mengerjakan tugasnya masing-masing tanpa ada persetujuan dari anggota panitia lain atau tanpa kesepakatan bahkan ada yang tidak mengerjakan tugasnya sebagai panitia. Dan akhirnya acara sudah semakin dekat tetapi panitia belum bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Teori
Istilah komunikasi dari bahasa Inggris communication, dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama, komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut. komunikasi adalah sutu proses di dalam upaya membangun saling pengertian. Dalam suatu organisasi biasanya selalu menekankan bagaimana pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.

Komunikasi dalam sebuah organisasi
Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian (mutual undestanding) . Pendek kata agar terjadi penyetaraan dalam kerangka referensi, maupun dalam pengalaman.

 Unsur-unsur Komunikasi ada 5, yaitu :
1.Komunikator
2.Menyampaikan berita
3.Berita-berita yang disampaikan
4.Komunikasi
5.Tanggapan atau reaksi

Fungsi komunikasi dalam organisasi :
- Proaksi dan regulasi
- Menentukan tujuan organisasi
- Menentukan area permasalahan
- Mengevakuasi performa
- Memberikan komando, instruksi, memimpin, dan mempengaruhi inovasi
- Mendapatkan informasi baru
- Cara mengkomunikasikan susuatu yang baru dalam sosialisasi dan perbaikan
- Harga diri anggota

            Berdasarkan teori komunikasi sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi, pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi. Sehingga organisasi tidak akan terjadi saling iri atau konflik yang seharusnya bisa di hindari, dan bisa mengkomunkasikan apa yang akan ia kerjakan dalam sebuah organisasi sesuai dengan kesepakatan anggota.

            Kesimpulan dari masalah di atas adalah terjadinya kesalahpahaman antar anggota karena kurangnya komunikasi dalam kelompok. Apapun yang dilakukan oleh anggota kelompok sebaiknya dikomunikasikan sehingga tidak menimbulkan konflik. Dan saling menghargai keputusan yang dibuat antar anggota, sehingga tidak ada yang dirugikan. Ingatlah bahwa dalam suatu kelompok memiliki satu tujuan yang ingin dicapai bersama-sama untuk kepentingan bersama.

            Saran dari kasus di atas adalah dibentuknya panitia dalam acara tersebut ialah untuk mencapai tujuan bersama. Setiap anggota harus mengkomunikasikan apa yang ia kerjakan kepada anggota lain, sehingga tidak terjadi salah paham. Dan jika ada perbedaan pendapat dibicarakanlah secara musyawarah dan saling menghargai pendapat orang lain. Kerjasama antar anggota panitia akan membuahkan hasil yang baik. Dan acara ulang tahun organisasi pun akan berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan tujuan bersama.

            Daftar Pustaka :


           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar