Sabtu, 10 Oktober 2015

Fondasi Perilaku Kelompok

            Contoh kasus : kelompok di dalam universitas yang terdiri dari dosen, karyawan dan para pemimpin, dan mahasiswa dengan berbagai macam fakultas di kampus harus dapat saling bekerjasama untuk mewujudkan tujuan organisasi. Organisasi akan cepat mencapai tujuannya apabila ada keterpaduan antara tujuan kelompok tersebut dengan tujuan organisasi.  Dan kelompok juga harus memiliki komitmen yang sama antar anggotanya. Terjadinya saling serang antara kelompok mahasiswa yang disebabkan perbedaan peranan dan kepribadian yang berbeda latar belakang kelompok menjelaskan bahwa setiap kelompok memliliki latar belakang kelompok yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut memang sudah diatur oleh organisasi agar spesialisasi dalam sebuah kelompok dapat membantu untuk melakukan tugasnya masing-masing dengan efektif dan efisien.

            Definisi Kelompok
Kelompok adalah kumpulan dua atau lebih individu yang berinteraksi dan saling tergantung, yang berkumpul bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Jadi, kelompok merupakan:
·         Kumpulan dua atau lebih individu
·         Berinteraksi
·         Saling tergantung
·         Mencapai tujuan tertentu

Klasifikasi Kelompok

1.      Kelompok formal
Merupakan kelompok kerja yang didesain oleh struktur organisasi. Jadi kelompok ini terbentuk karena adanya perintah atau campur tangan organisasi.

2.      Kelompok informal
Kelompok yang muncul atas respon terhadap kebutuhan akan kontak sosial. Jadi, kelompok ini muncul secara alamiah atau dalam arti tidak ada perintah atau campur tangan organisasi.

Orang atau individu bergabung dalam kelompok karena beberapa alasan, antara lain:

1.      Kemanan
Beberapa orang akan merasa aman jika mereka berada dalam suatu kelompok.
2.      Status
Beberapa kelompok memberi suatu pemberian status bagi anggotanya.
3.      Self-esteem (penghargaan diri)
Beberapa orang bergabung dalam kelompok karena ingin mendapatkan penghargaan diri yang hanya bisa didapatkan dalam kelompok tersebut.
4.      Afiliasi/proximity (kesamaan)
Kesamaan antar individu juga bisa menyebabkan terbentuknya kelompok. Kelompok seperti ini sama dengan kelompok pertemanan.
5.      Kekuatan
Beberapa orang bergabung dalam kelompok agar dapat memiliki kekuatan lebih.
6.      Pencapaian tujuan
Beberapa orang hanya dapat mencapai tujuan mereka jika bergabung dalam kelompok.

            Kesimpulan dari kasus diatas yaitu perbedaan peranan dan kepribadian yang berbeda latar belakang kelompok menjelaskan bahwa setiap kelompok memliliki latar belakang kelompok yang berbeda-beda dan memiliki tujuan yang berbeda. Berdasarkan teori Pencapaian tujuan. Beberapa orang hanya dapat mencapai tujuan mereka jika bergabung dalam kelompok. Afiliasi/proximity (kesamaan). Kesamaan antar individu juga bisa menyebabkan terbentuknya kelompok. Kelompok seperti ini sama dengan kelompok pertemanan.
           
            Saran dari kasus diatas yaitu walaupun di dalam sebuah universitas memiliki banyak kelompok organisasi dengan latar belakang dan tujuan yang berbeda bukan berarti perbedaan dijadikan masalah yang akan berdampak keributan atau saling serang antar kelompok. Tetapi perbedaan tersebut harus dijadikan kekuatan untuk mencapai satu tujuan universitas tersebut. Budayakan sifat kekeluargaan dalam setiap kelompok. Perbedaan masalah dapat diselesaikan dengan cara yang baik seperti musyawarah antar kelompok. Saling menghargai antar kelompok dan setiap kelompok harus menjaga nama baik universitas.

            Daftar Pustaka :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar