Minggu, 06 September 2015

Perilaku keorganisasian

Contoh kasus : Ketika Dina sedang mencari mahasiswa baru untuk dijadikan anggota baru dalam salah satu kegiatan ukm paduan suara di kampusnya maka Dina membuat sebuah grup baru dalam dunia maya untuk memudahkan berkomunikasi, akhirnya terjadi hilangnya kontak dan komunikasi dari salah satu anggota grup dari grup tersebut yang berbeda fakultas.

Perilaku organisasi adalah studi yang mempelajari tingkah laku secara individu, kelompok dan tingkah laku ketika berorganisasi, serta pengaruh perilaku individu terhadap kegatan organisasi dimana mereka melakukan atau bergabung dalam organisasi tersebut. Perilaku organisasi merupakan suatu bidang studi yang mengamati tentang pengaruh perilaku individu, kelompok dan perilaku dalam struktur organisasi dengan maksud untuk mendapatkan pengetahuan guna memperbaiki keefektifan organisasi.

Dina salah satu anggota kelompok organisasi ukm di kampusnya Dina ingin memudahkan anggotanya untuk berkomunikasi kepada setiap anggota lainnya. Perilaku Dina dalam struktur organisasinya dengan maksud untuk mendapatkan kemudahan dalam berkomunikasi dan  keefektifan organisasi yang di jalaninya

Penyelesaian masalah tersebut yaitu ketua dari ukm paduan suara harus mengenal anggotanya terlebih dahulu dan anggota harus mendaftarkan diri mereka agar salah satu dari anggotanya tidak dapat mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas atau hilang begitu saja. Organisasi akan cepat mencapai tujuannya apabila ada keterpaduan antara tujuan kelompok tersebut dengan tujuan organisasi. Keterpaduan dalam kerjasama antara kelompok dalam organisasi tidak mungkin didapatkan apabila tidak ada keterpaduan individu-individu dalam sebuah kelompok. Dan harus ada komitmen yang sama antar anggota kelompok.

 Daftar pustaka :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar