Minggu, 13 September 2015

kasus manajer



          Contoh Kasus : Perusahaan Telekominukasi terbesar Kedua di Amerika Serikat, mengakui telah melakukan skandal akuntansi yang menyebabkan perdagangan sahamnya di bursa NASDAQ terhenti. Beberapa minggu kemudian, WorldCom menyatakan diri bangkrut. Perusahaan telah memberi gambaran yang salah tentang kinerja perusahaan dengan cara memalsukan milyaran bisnis rutin sebagai belanja modal, sehingga labanya overstated sebesar $11 milyar pada awal 2002. Perusahaan juga meminjamkan uang lebih dari $400 juta kepada Chief Executive (CEO)-nya waktu, Bernard Ebbers, untuk menutupi kerugian perdagangan pribadinya. Ironisnya meski di dakwa telah melakukan pemalsuan, konspirasi dan laporan keuangan yang salah, mantan CEO WorldCom tersebut mengaku tidak bersalah.

          Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordiasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Menurut ahli riset ilmu manajemen, Henry Mintzberg, mengemukakan bahwa ada  sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer ditempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok. Yang pertama adalah peran antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban orang lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung. Yang kedua adalah peran informasional, meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara. Yang ketiga adalah peran pengambilan keputusan , meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.

          Perusahaan Telekominukasi terbesar Kedua di Amerika Serikat, mengakui telah melakukan skandal akuntansi yang menyebabkan perdagangan sahamnya di bursa NASDAQ terhenti. Beberapa minggu kemudian, WorldCom menyatakan diri bangkrut.  Meski di dakwa telah melakukan pemalsuan, konspirasi dan laporan keuangan yang salah, mantan CEO WorldCom tersebut mengaku tidak bersalah. Manajer seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordiasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Dan manajer memiliki 10 peran dalam memimpin perusahaan agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan.

          Kesimpulannya, manajer dalam perusahaan tersebut belum melakukan perannya dalam memimpin perusahaan dengan baik dan benar. Karena dalam kasus diatas manajer perusahaan tersebut malah memberi gambaran yang salah tentang kinerja perusahaan dengan cara memalsukan milyaran bisnis rutin sebagai belanja modal. Dan meski di dakwa telah melakukan pemalsuan, mantan CEO WorldCom tersebut mengaku tidak bersalah. Saran dari masalah tersebut adalah sebaiknya manajer menerapkan peranannya di dalam perusahaan. Seperti pemecah masalah, manajer harus memberikan gambaran yang benar agar perusahaan tersebut maju dan berkembang sehingga manajer dapat mencotohkan peranannya kepada karyawannya. Dan mampu memimpin perusahaan dengan mau mengakui kesalahannya karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau bertanggung jawab atas apa yang telah ia kerjakan. Dan manajer harus mengkontrol apa yang dikerjakan oleh karyawannya sehingga tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan perusahaan.

          Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar