Selasa, 26 Mei 2015

STRATEGI KEWIRAUSAHAAN



STRATEGI KEWIRAUSAHAAN

Pengelolaan Usaha
Perencanaan Usaha
Suatu hal yang tertulis berisikan misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian strategi dan peluang yang mungkin di raih (pasar). Fungsi dari perencanaan :
1.         Sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha yang berupa: Maksud usaha, Usulan finansial, Permintaan dana, Cara penggunaan & pembayaran kembali pinjaman
2.         Sebagai alat untk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar yang berupa : Manajemen usaha, Pemasaran, Produksi / operasional, keuangan perusahaan

Pengelolaan keuangan adalah bagaimana mengusahakan sumber dana, menggunakan / mengendalikan dana-dana perusahaan. Ada 3 aspek dalam pengelolaan keuangan, yaitu :
1.      Sumber dana/ keuangan perusahaan
2.      Perencanaan dan penggunaan dana
3.      Pengawasan dan pengendalian dana
Kompetensi Inti Perusahaan
Kompetensi Inti
Definisi menurut Hamel dan Prahalad (1994):
- Kompetensi inti menggambarkan kemampuan
kepemimpinan dalam serangkaian produk.
- Kompetensi adalah sekumpulan keterampian dan
teknologi yang dimiliki perusahaan untuk dapat
bersaing.
- Kompetensi inti adalah keterampilan yang
memungkinkan perusahaan memberikan
fundamental kepada pelanggan
strategi perusahaan adalah cara-cara perusahaan menciptakan nilai melalui konfigurasi dan koordinasi aktivitas multipemasaran.
Meskipun dalam manajemen perusahaan modern seperti sekarang ini telah terjadi pergeseran strategi, yaitu dari strategi memaksimalkan keuntungan pemegang saham (mencari laba perusahaan) menjadi memaksimalkan keuntungan bagi semua yang berkepentingan dalam perusahaan (stakeholder), yaitu individu atau kelompok yang memiliki kepentingan dalam kegiatan perusahaan, seperti karyawan, manajemen, pembeli, masyarakat, pemasok, distributor dan pemerintah. Akan tetapi, konsep laba tidak bisa dikesampingkan dan merupakan alat yang penting bagi perusahaan untuk menciptakan manfaat bagi para pemilik kepentingan.



STRATEGI BERSAING DALAM KEWIRAUSAHAAN
Dalam konsep strategi pemasaran terdapat istilah bauran pemasaran (marketing mix) yang dikenal dengan 4P, yaitu:
           1)               Product (barang dan jasa)
           2)               Price (harga)
           3)               Place (tempat)
           4)               Promotion (promosi)
Dalam kewirausahaan, 4P tersebut ditambahkan satu P, yaitu Probe (penelitian dan pengembangan) sehingga menjadi 5P. Dalam riset pemasaran, Probe selalu ditambahkan di awal sehingga urutan bauran pemasaran menjadi:
1)                  Probe (penelitian dan pengembangan)
2)                  Product (barang dan jasa)
3)                  Price (harga)
4)                  Place (tempat)
5)                  Promotion (promosi)
Dalam manajemen strategis yang baru, Mintzberg mengemukakan 5P yang sama artinya dengan strategi yaitu:

Strategi adalah Perencanaan
Konsep strategi tidak lepas dari aspek perencanaan, arahan atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan di masa depan. Akan tetapi, tidak selamanya strategi adalah perencanaan ke masa depan yang belum dilaksanakan. Strategi juga menyangkut segala sesuatu yang telah dilakukan sebelumnya.

Strategi adalah Pola
Starategi adalah pola, yang selanjutnya disebut sebagai intended strategy, karena belum terlaksana dan berorientasi ke masa depan, atau disebut juga sebagai realized strategy karena telah dilakukan oleh perusahaan.

Strategi adalah Posisi
Artinya memosisikan produk tertentu ke pasar tertentu yang di tuju. Strategi menurut Mintzberg cenderung melihat ke bawah, yaitu ke suatu titik bidik dimana produk tertentu bertemu dengan pelanggan, dan melihat keluar yaitu meninjau berbagai aspek lingkungan eksternal.

Strategi adalah Perspektif
Strategi perspektif cenderung lebih melihat ke dalam, yaitu ke dalam organisasi, dan ke atas, yaitu melihat visi utama dari perusahaan.

Strategi adalah Permainan
Strategi adalah suatu manuver tertentu untuk memperdaya lawan atau pesaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar